Senin, 05 November 2012

Ciri-Ciri dan Unsur Organisasi part I


Di samping itu masih banyak definisi organisasi sebagai proses yang dikemukakan oleh para ahli, dengan cara dan bahasa yang berbeda-beda. Dua di antaranya kami kutipkan seperti dibawah ini.
1)        Organization as the process of dividing up work or arranging personal to handle the work of the enterprise. Artinya kurang lebih sebagai berikut: organisasi adalah sebagai proses pembagian tugas/ pekerjaan, mengatur pegawai-pegawai untuk memiliki tugas/ pekerjaan dari suatu badan usaha ( Yoseph Kingsbury & Robert Wilcox : 1961 : 16 ).
2)        Organization is the act of process or bringing together or arranging the related groups of the agency into a working whole (Harleigh B. Trecker: 1950;41). Artinya kurang lebih sebagai berikut: Organisasi merupakan suatu kegiatan atau suatu proses menghimpun atau mengatur kelompok-kelompok yang saling mengadakan hubungan dari unit perwakilan ke dalam suatu pekerjaan yang menyeluruh.
BEBERAPA PENDAPAT
            Di samping beberapa definisi seperti yang telah diutarakan di atas, masih banyak definisi lain yang di berikan oleh para ahli. Sebagai bahan perbandingan dan sebagai bahan pengetahuan, di bawah ini dikutipkan beberapa definisi yang dikemukakan oleh para ahli.
a.                   James D. Mooney : Organization is the form of every human association for the attainment of common purpose. Artinya kurang lebih : Organisasi merupakan bentuk dari setiap perserikatan manusia untuk mencapai suatu tujuan bersama.
b.                  John D. Millet : Organization is people working together, and so it takes om characteristic of human relationship which are involved in group detivity. Artinya kurang lebih : Organisasi adalah orang-orang yang bekerjasama dengan mengandung ciri-ciri dari hubungan kemanusiaan yang timbul di dalam kegiatan kelompok.
c.                   Dwight Waldo: Organization is the structure of authoritative and habitual personal interrelations in an administrative system. Artinya kurang lebih : Organisasi merupakan struktur daripada hubungan-hubungan atas dasar wewenang dan bersifat tetap dalam suatu sistem administrasi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar